4/25/2011

Kebebasan hati,,,

Benarkah kita boleh merasakan bahagia bila mengikuti kata hati? Pasti. Karena dengan mengikuti kata hati, maka kita menjadi diri sendiri. Tentu kita harus percaya diri bahwa hati kita tidak salah dengan keinginannya.  Bahawa kita tidak punya maksud melukai siapa pun atau membuat orang lain jadi susah. Jauh di lubuk hati kita tahu apa yang baik dan apa yang buruk. Sesungguhnya itulah kebebasan yang sejati.

Di dalam kebebasan yang sejati, kita memiliki perasaan damai, perasaan yang jujur tentang kehidupan kita, tentang jati diri kita. Freewill seharusnya menghasilkan kebahagiaan karena hal ini.

Karena itu orang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, akan lebih mudah merasa bahagia karena ia bebas menjadi dirinya sendiri. Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi tahu memanfaatkan freewill-nya dan yakin akan keputusannya sendiri.  Itulah kebebasan yang sejati.

Di dalam kebebasan yang sejati, tidak ada keinginan untuk menyakiti siapa pun, tetapi yang ada adalah menghormati hak-hak orang lain sebagaimana dirinya ingin dihargai



.

No comments:

Post a Comment